Terminologi Komunikasi Bisnis
Komunikasi merupakan aktivitas dasar
manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu
sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat
pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada.
Komunikasi
bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang
memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau kelompok
melalui simbol - simbol atau sinyal bisnis.
Unsur Pokok dalam Komunikasi Binis
Dalam KOMUNIKASI BISNIS terdapat enam unsur pokok, yaitu:
1)
Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang
telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
2) Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
3)
Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang
bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
4)
Menggunakan saluran personal atau Kelompok yang mungkin bersifat tatap
muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau
jutaan orang secara bersamaan.
5) Meggunakan simbol atau sinyal yang
merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh
penerima untuk menyampaikan pesan.
6) Pencapaian tujuan organisasi:
salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal
dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
oleh manajemen.
7 (tujuh) Elemen Penting dalam KOMUNIKASI BISNIS :
1) STRUKTUR
Bagaimana
struktur komunikasi anda adalah dasar untuk mudah diserap dan dipahami
oleh audiens anda. Setiap komunikasi yang baik harus memiliki tiga unsur
struktural yaitu : (1)Membuka, (2)tubuh, (3)menutup. Tidak perduli apa
bentuk komunikasi Anda, misalkan : memo, panggilan telepon, pesan voice
mail, presentasi pribadi, pidato, email, halaman Web, atau presentasi
multi-media. Komunikasi audiens anda, mungkin bisa hanya satu orang,
sebuah tim kecil, kelompok orang bisa dalam skala nasional bahkan
global.
2) KEJELASAN
Messaqe yang anda ingin sampaikan harus
jelas, dan jangan memberikan pesan yang membingungkan untuk audiens
anda, supaya pesan anda tidak diabaikan.
3) KONSISTENSI
Informasi bisnis yang anda sampaikan jangan sampai inkonsistensi dari pesan yang telah anda sampaikan kepada pelanggan anda.
4) PILIHAN
Komunikasi Bisnis yang harus anda lakukan dengan menggunakan presentasi, pameran, ceramah, seminar, road show dll.
5) RELEVANSI.
Realitas psikologis adalah bahwa konsumen tertarik pada subjek komunikasi bisnis , karena figur atau sesuatu yang di idolakan.
6) JANGKA WAKTU.
Hal
ini penting untuk mengetahui Kekuatan Komunikasi Bisnis atas sebuah
produk barang atau jasa bisa diingat lebih lama oleh konsumen atau
pelanggan.
7) PSIKOLOGIS ATURAN 7±2 (tujuh plus / minus dua)
Konsumen anda hanya mampu menerima pada antara lima dan sembilan informasi pada satu waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar