Pengertian Komunikasi
Bisnis
Dalam
kehidupan suatu organisasi bisnis, komunikasi merupakan faktor yang sangat
penting bagi pencapaian tujuan suatu organisasi. Seorang pimpinan memerintahkan
bawahannya untuk membuat surat pesanan barang,
menjawab atau membuat surat aduan, membuat surat edaran umum, membuat surat
kontrak kerjasama, membuat surat
balasan / tanggapan, dan sejenisnya merupakan hal yang rutin dalam dunia
bisnis.
Secara
umum dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis
yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun
nonverbal. Sebagai awal bahasan dalam komunikasi bisnis, maka akan dibahas
antara lain bentuk dasar komunikasi yang mencakup komunikasi verbal dan
nonverbal, proses komunikasi, sebab-sebab timbulnya kesalahpahaman dalam
komunikasi, dan bagaimana cara memperbaiki atau meningkatkan komunikasi.
Bentuk Dasar Komunikasi
Komunikator
yang efektif tentu saja memiliki beberapa alat komunikasi bila ingin menyampaikan suatu pesan. Mereka tahu bagaimana
menempatkan kata yang mampu membentuk suatu arti, bagaimana mengubah situasi
menjadi lebih menarik, bagaimana mengajak peserta untuk ikut aktif (berpartisipasi)
dalam diskusi, bagaimana menyelipkan humor yang mampu menghidupkan suasana,
bagaimana menyiapkan ruangan yang mampu menghidupkan diskusi, apakah dilakukan
melalui tulisan (written) atau
ucapan/lisan (oral).
Pada
dasarnya ada dua bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam praktek dunia
bisnis maupun nonbisnis yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Masing-masing
bentuk komunikasi tersebut dapat dijelaskan secara singkat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar